Kabar Terkini

Prestasi Terkini 3 Paduan Suara Indonesia per 24 Juli


Dua minggu terakhir paduan suara Indonesia kembali meraih prestasi di ajang internasional, menambah rangkaian prestasi paduan suara di bulan ini. Setelah 2 minggu lalu 6 paduan suara dikabarkan berprestasi, kini rangkaian prestasi dicetak melengkapi prestasi paduan suara Indonesia di musim panas ini. Berikut kabarnya:

Gema Swara Pesona STP Trisakti

Paduan suara dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti ini di pertengahan minggu lalu memenangkan medali emas di kategori Mixed Choir dan Laurea summa cum laude (penghargaan tertinggi) untuk kategori Folklore dari kompetisi Laurea Mundi International Choir Festival, Budapest – Hungaria yang berakhir tanggal 13 Juli kemarin. Dipimpin konduktor Rainer Revireino, paduan suara mahasiswa ini meneruskan tradisi prestasi yang dimulai di tahun 2015 yang lalu. Paduan suara ini adalah paduan suara mahasiswa yang tergolong baru mencetak prestasi internasional, sebuah awal yang menarik berkat kepemimpinan konduktor yang juga memimpin Paduan Suara Mahasiswa Bina Nusantara ini.

Paduan Suara Mahasiswa ITB

Paduan suara yang dipimpin oleh Adi Nugroho ini mencetak prestasi dalam 5th Florence International Choir Festival (20-22 Juli 2016) di Italia dan meraih dua gelar juara pertama di bidang Mixed Youth Choir dan Folklore. Paduan suara yang terdiri dari mahasiswa perguruan tinggi ternama Bandung ini juga meraih penghargaan di bidang Best Costume juga Best Italian Composer Performance dengan membawakan karya Monteverdi. Karya Janger yang diaransemen Avip Priatna dan Agustinus Bambang Jusana di penghujung abad 20 kemarin meraih Best Contemporary Arrangement. Kompetisi ini juga menjadi bagian dari ajang International Federation for Choral Music.

Paduan Suara Universitas Katolik Parahyangan

Paduan suara ini menutup rangkaian tur kompetisi internasionalnya tahun ini di Spanyol setelah 2 minggu lalu berlaga di Hungaria. Di Torrevieja, Spanyol, paduan suara ini bersama konduktor Ivan Johan merengkuh 2 penghargaan di 62nd Habaneras & Polyphony Competition 2016, salah satu kompetisi tertua di Eropa dengan mencetak Juara 2 untuk kategori Polyphony dan juara 3 untuk kategori Habaneras dan juga penghargaan Francisco Vallejos untuk membawakan karya populer Habanera “Tu”. Tur ini cukup menguras tenaga terlebih dengan lebih dari dua minggu berada di luar negeri dan terus membina semangat dan motivasi.

Tambahan informasi:

PSM Universitas Negeri Makassar

Paduan suara mahasiswa dari Universitas Negeri Makasar mengikuti ajang Grand Prix Thailand: 9th International Choir Festival yang berakhir 22 Juli kemarin dan meraih Absolute Winner (juara umum). Prestasi ini dimungkinkan berkat prestasi mereka di dua kategori Juara 1 Folklore serta Juara 2 kategori Mixed Choir di kompetisi yang diadakan 2 tahun sekali ini di Pattaya dan Bangkok ini.

PSM Politkenik Bandung

Paduan Suara Mahasiswa Politeknik Bandung mengikuti prestasi sederet paduan suara di Bandung dengan meraih 3 medali perak di 3 kategori di Grand Prix Thailand: 9th International Choir Festival. Dipimpin Nugraha Tri, paduan suara ini mearih medali di ajang Mixed Youth Choir, Mixed Adult dan Folksong pada ajang ini.

Demikianlah kabar terakhir dari dunia paduan suara Indonesia di dua minggu ini. Semoga prestasi ini semakin menguatkan fundamen berkesenian paduan suara di Indonesia.

About mikebm (1163 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

2 Comments on Prestasi Terkini 3 Paduan Suara Indonesia per 24 Juli

  1. Fei xiang jakarta choir juga mengikuti perlombaan di grandprix pattaya(seperyi yang diikuti oleh polban dan univ makkasar).
    Dengan hasil penghargaan:
    – Gold Medal and 1st place in Chamber Category
    – Special Award in Best Original Composition “Daemon Irrepit Callidus” by Cherly Susanti
    – One of three finalists of The Grand Champion with Collegium Technicum (Slovakia) and PSM Universitas Negeri Makassar (Indonesia).

  2. keren, ada temen gw yosafat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: