Kabar Terkini

Kalau RRC Membangun Gedung Opera di Negara Anda: Kisah Algeria


Republik Rakyat China sedang gencar memperluas sayap ekonominya bahkan dengan inisiatif mendirikan infrastruktur di negara lain, Indonesia pun mengalaminya. Bagaimana kalau misalnya sebuah kota besar di Indonesia menerima bantuan untuk membangun gedung opera, seperti yang dialami kota Algier ini?

Banyak yang mengklaim bahwa banyak proyek pembangunan tersebut justru menjadi lahan buruh migran China untuk bekerja. Tidak sedikit memang inisiatif pembangunan seperti ini digarap oleh negara dengan populasi terbanyak itu untuk mendukung industri infrastrukturnya yang melambat dan menciptakan lapangan kerja untuk bangsa mereka sendiri, terutama di bidang pembangunan infrastruktur. Bentuk bantuan ini memang agak berlawanan dengan gaya bantuan yang biasa diberlakukan negara lain.

Ketika tidak ada inisiatif dari sektor publik untuk membangunnya fasilitas kesenian seperti ini, pun dengan kualitas yang tidak tentu buruk. Setelah serah terima, kemudian pihak di negara tersebut tinggal memikirkan operasionalnya saja. Upaya seperti ini bisa jadi menimbulkan kontroversi.

Apabila ini terjadi di Indonesia, di tempat yang sudah lama mengangankan hadirnya gedung pertunjukan yang representatif, akankah Anda mendukungnya atau menolaknya?

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: