Kabar Terkini

Mendikbud Anies Baswedan Diganti, Muhadjir Effendy Masuk


Hasil Reshuffle kabinet menunjukkan bahwa akan ada perubahan yang cukup signifikan di sektor pendidikan dan kebudayaan. Anies Baswedan harus menyerahkan amanat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan kepada Muhadjir Effendy seperti yang diumumkan Presiden Joko Widodo Rabu siang ini.

Anies dikenal sebagai tokoh pendidikan yang vokal. Di bawah kepemimpinannya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan seakan menemukan gairahnya tersendiri. Ia pun menjadi sosok sentral bagi kementerian yang sentral dalam pemerintahan di Indonesia. Bilamana tidak, komitmen anggaran pendidikan sebesar 20% dari belanja negara atau setara 400T rupiah adalah hal yang sangat besar. Ia aktif mengangkat isu pendidikan dan memberi warna bahwa menteri pendidikan juga memiliki kepedulian terhadap keseharian pendidikan dan bukan hanya isu kurikulum dan ujian: Mulai dari menghilangkan perpeloncoan, bullying dan orangtua mengantar anak sekolah. Anies sendiri berhasil mencetak prestasi dengan menjawab polemik kurikulum 2013 dan menghilangkan supremasi Ujian Nasional dalam kelulusan.

Di bawah kepemimpinannya, jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berani bergerak untuk mengangkat kembali sektor kebudayaan ke muka. Setelah efektif hilang dalam pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, program kebudayaan nampak perlahan muncul kembali di bawah kepemimpinannya. Beragam inisiatif kebudayaan pun muncul seperti pelatihan dan beasiswa pelaku budaya baik di dalam maupun ke luar negeri hingga pengembangan basis data kebudayaan.

Meski demikian, kelambatannya dalam menangani berbagai permasalahan pendidikan yang cukup kompleks dari sertifikasi hingga kesejahteraan guru dan pemerataan pendidikan memang terlihat. Namun patut disadari bahwa permasalahan yang ada adalah carut-marut dengan sejarah yang panjang yang belum tentu dapat dijawab dalam 20 bulan kepemimpinannya.

Muhadjir Effendy yang diumumkan sebagai pengganti Anies Baswedan juga berasal dari kalangan profesional pendidikan. Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini lewat bidang studinya, terkenal dekat dengan kalangan militer, latar belakangnya di bidang agama juga membuatnya berakar di berbagai organisasi Islam. Profilnya dapat terlihat di sini.

Gebrakan apakah yang akan ia buat dan akankah program yang sebelumnya berada di bawah Anies Baswedan akan berlanjut? Kita lihat ke depan…

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: