Kabar Terkini

Pebiola Suryati Supilin Menghadap Khalik


Pagi hari ini, pebiola Indonesia Suryati Supilin berpulang. Namanya dikenal sebagai salah satu pemain biola senior yang aktif sejak tahun 1960-an.

Terbilang aktif dalam berkarya, beliau berasal dari keluarga seniman dengan ayah seorang pemain biola dan ibu seorang pemain teater. Selulus dari sekolah musik Yayasan Pendidikan Musik juga berguru pada Adidharma dan memulai kariernya selepas SMA. Beliau bergabung dengan group The Singers dan juga menjadi pemain biola di banyak orkestra di Indonesia. Ia pun telah beberapa kali hadir berkolaborasi dengan Idris Sardi dan menjadi anggota dari banyak orkestra di Jakarta dari Orkes Simfoni Jakarta, Twilite Orchestra, Erwin Gutawa Orchestra hingga Orkestra Purwacaraka.

Beliau pun aktif di dapur rekaman dengan mendukung berbagai penyanyi dalam pembuatan album seperti Vina Panduwinata, Utha Likumahuwa, Ebiet G Ade, Sherina, Dewa hingga Duo Ratu. Ia pun aktif sebagai pemain sesional untuk berbagai seniman muda. Yasintha Pattiasina yang mengumpulkan sejarah orkestra menjuluknya sebagai ‘Ratu Job’ pada masanya hingga akhirnya mengalami kecelakaan ketika berkendara setahun yang lalu. Sejak saat itu ia pun dirawat di panti wreda dengan kondisi fisiknya yang menurun walaupun masih aktif mengajar murid yang datang ke panti wreda.

Selamat jalan.

 

 

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: