Kabar Terkini

Rencana Gedung Pertunjukan Bakrie di Kuningan Lenyap?


Proyek Epicentrum di bilangan Segitiga Emas Jakarta adalah salah satu mega proyek untuk bisnis properti Group Bakrie. Digarap oleh BakrieLand, rencana utama adalah menjadikan CBD terbesar di bilangan Kuningan ini sebagai pusat retail, hunian, bisnis dan hiburan. Dalam maket perencanaan kawasan tersebut, sempat tergambar akan dibangunnya sebuah gedung konser dengan fasilitas kelas internasional. Rencana tersebut bahkan muncul dalam gambar Group Bakrie sejak tahun 2011, namun kini mangkrak.

Rencana pembangunan gedung konser tersebut memang tidak banyak terdengar di kalangan seniman. Dengan kesulitan investasi yang semakin nampak sejak tahun 2014, beberapa proyek di kawasan Epicentrum pun tertunda penyelesaiannya. Pembangunan beberapa gedung perkantoran, gedung apartemen dan kondominium pun juga tertunda tanpa ujung yang jelas. Kini sudah lebih dari 5 tahun sejak perencanaan pembangunan, gedung konser pun belum berwujud.

Concert Hall & Office Tower
Concert Hall adalah gedung pertunjukan kelas dunia pertama di Jakarta, yang fungsi utamanya untuk menampilkan kekayaan warisan budaya Indonesiadalam bentuk berbagai pertunjukan seni. Concert Hall menurut rencana akan dibangun di atas lahanseluas 6.726 m2, berdampingan dengan Office Tower seluas 1.637 m2 yang dibangun dengan konsep perkantoran modern. Pembangunan kedua gedung ini diharapkan dapat dimulai pada tahun 2012 dan diperkirakan selesai pada tahun 2014. Business report Bakrie Land 2009 hal. 60.

Bahkan di tahun lalu Rasuna Epiwalk pun sebagai sentra retail di kawasan tersebut berpindah tangan ke perusahaan properti lain, Sinarmas Group setelah sebelumnya sempat terombang-ambing permasalahan perizinan yang menyebabkan Epiwalk disegel di akhir tahun 2014. Beberapa usaha retail yang sempat menempati Epiwalk pun perlahan menyingkir, terutama setelah dibukanya kompetitor pusat retail di Kuningan seperti Kota Kasablanka, Lotte Shopping Avenue dan Kuningan City yang semuanya berada di sepanjang jalan Casablanca dan menyedot banyak pengunjung. Membangun sebuah gedung pertunjukan dalam kompleks properti nampaknya menjadi pilihan beberapa pengembang. Ciputra salah satunya yang telah membuka Ciputra Artpreneur di kawasan Mega Kuningan di dalam kompleks Lotte Shopping Avenue.

Perlu dicatat bahwa saat ini di sekitar daerah ini juga terdapat Usmar Ismail Hall dengan kapasitas 400 kursi. Dan tidak jauh juga kini berdiri teater dari kompetitor mereka, Ciputra, yang telah membuka teater mereka di tahun 2014.

Lalu apa kabar gedung konser di bilangan Rasuna itu? Nasibnya kini tiada yang tahu.

epicentrum-concert-hall

 

 

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: