Kabar Terkini

Dokter Jadi Prinsipal Horn San Francisco


Dapat kabar dari San Francisco lewat slippedisc.com, bahwa San Francisco Opera baru saja merekrut co-principal French Horn baru untuk orkestra mereka, Mark Almond.

Yang menarik adalah Mark Almond selain lihai bermain horn dan telah bermain sebagai untuk London Symphony Orchestra, City of Birmingham Symphony Orchestra, Philharmonia Orchestra, Royal Phiharmonic Orchestra, BBC National Orchestra of Wales dan serentetan orkestra pemuda papan atas National Youth Orchestra of Great Britain and the European Union Youth Orchestra sebelum pindah ke AS, ia juga adalah seorang dokter spesialis pernapasan lulusan Oxford dan Cambridge.

Kabar ini sebenarnya mungkin cukup unik untuk dunia profesional di Inggris maupun AS karena spesialisasi karir yang sudah terbina dari muda. Sejak usia 13 tahun pendidikan mereka telah mengalami penjurusan dan hanya dituntut untuk belajar 3-4 mata pelajaran saja sejak level SMP. Karenanya seorang yang multi talenta dengan kemampuan akademik yang sedemikian luas dan bergengsi ini sangat unik. Dapat dikatakan Almond berhasil masuk di jajaran terbaik di kedua bidang, baik musik maupun kedokteran.

Lain kisahnya dengan Indonesia di mana, meskipun jajaran musisi profesional dengan latar pendidikan musik banyak, namun talenta pun juga banyak merembes dari mereka yang tidak mendalami pendidikan musik namun berhasil menembus kancah percaturan profesional di Indonesia.

Kalau kita lihat fenomena ini cukup menarik dan serupa, namun apabila kita lihat konteks sosial, budaya, pendidikan dan jajaran profesi tentunya akan sangat berbeda. Jadi, bermusiklah dengan sepenuh hati, karir itu tidak memandang gelar semata…

About mikebm (1164 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: