Kabar Terkini

Gamelan: Mengajarkan Kreativitas dan Kolaborasi Siswa SD London

Aris Daryono mengajarkan gamelan di sekolah dasar di London

Liputan di BBC.com mengisahkan bagaimana komponis Indonesia sekaligus pemain gamelan profesional, Aris Daryono, masuk ke sekolah-sekolah untuk mengajarkan gamelan pada siswa-siswi sekolah dasar di London.

Dalam sesi di kelas tersebut, Aris Daryono, mengajarkan anak-anak belajar berkreasi dan berkolaborasi di dalam kelas. Selama seminggu anak-anak diajak untuk menyiapkan sebuah pementasan. Beberapa anak diajak untuk bermain gamelan, beberapa diajarkan untuk membuat kreasi wayang sederhana, beberapa diajarkan untuk bercerita. Sesi ini kemudian ditutup di akhir minggu dengan penampilan di hadapan teman-teman sebaya mereka.

Aris Daryono mengisahkan bagaimana metode ini selain mengajarkan musik, tradisi dan mengenalkan negara sekaligus juga budaya Indonesia juga mengajak anak-anak ini untuk kreatif dan kemudian bekerja sama di dalam kelompok. Kita dapat melihat bagaimana gamelan dan wayang mampu menjadi instrumen untuk mencapai tujuan pendidikan dasar ini. Dengan sharing Aris tentang Indonesia dalam program ini pernah ada orang tua murid yang sebelumnya tidak mengenal Indonesia sama sekali dan justru semakin mengenal Indonesia lewat keterlibatan anaknya dalam kegiatan singkat ini. Mereka sekeluargapun akhirnya membakukan rencana untuk berwisata ke Indonesia untuk berlibur musim panas berikutnya.

Cerita persinggungan budaya dan seni yang menarik.

About mikebm (1165 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: