Kabar Terkini

Mamma Mia, Kocak dan Penuh Pelajaran


Memiliki sosok Ibu yang digilai pria dan dikejar-kejar bisa menjadi buah simalakama, terutama bagi sang anak. Petualangan Sophie Sheridan mencari ayahnya dimulai ketika ia hendak menikahi pujaan hatinya, Sky. Sayangnya ia pun mendapati lewat buku harian ibunya Donna yang adalah seorang primadona yang digilai pria. Nyatanya di bulan Sophie dikandung, ibunya ternyata sempat memadu kasih dengan tiga pria. Hal ini terjadi tepat 21 tahun yang lampau. Sophie pun memutuskan untuk mengundang ketiga pria yang ia duga sebagai ayahnya dan berharap akan mengenali sang ayah kandungnya ketika berhadapan langsung dengan pria-pria paruh baya itu tanpa izin dari sang Ibu, Donna. Dan di sinilah petualangan dimulai.

Mamma Mia yang diambil dari lagu hits kelompok musik ABBA yang berhasil memuncaki tangga lagu di tahun 1975 adalah sebuah drama musikal yang naskahnya ditulis oleh Catherine Johnson dan diwarnai oleh karya-karya hits kelompok musik ABBA dalam rentang dekade 1970-an. Dengan musik kelompok ABBA yang ditulis oleh Björn Ulvaeus dan Benny Andersson, karya ini selain mengemas alur cerita yang menarik, juga menjadi ajang nostalgia lagu-lagu kelompok vokal asal Swedia ini.

Penampilan di panggung Novello Theatre sebenarnya tergolong sederhana dengan properti dan efek spesial yang selaras. Didominasi warna biru dan putih, karya ini mengambil latar di pulau Kalokaori, Yunani di mana Donna mengelola sebuah penginapan yang akan menjadi tempat acara pernikahan Sophie dengan Sky. Dengan kapasitas kursi yang hampir penuh terisi, para penampil membius penonton dengan aksi panggung yang menawan dan dinamis meski latar kisah hanyalah dua bangun putih yang berputar di atas panggung. Produksi yang kini sudah memasuki tahun ke-17 (dimulai debut tahun 1999) memang memiliki daya pikat, terutama lewat aksi panggung para pendukung acara yang prima disertai dengan lagu-lagu hits yang  membuai telinga. Mamma mia, Dancing Queen, Knowing Me Knowing you, Take a Chance on me dan Super Trouper adalah beberapa nomor hits yang ditampilkan dalam pertunjukan yang karena popularitasnya diangkat menjadi film layar lebar dibintangi Meryl Streep dan Pierce Brosnan.

Dalam pertunjukan semalam, Rebecca McKinnis yang memerankan sang ibu, Donna Sheridan berperan dengan matang meski merupakan understudy dari bintang utamanya. Ia menemani akting Sanne den Besten yang memerankan Sophie Sheridan dengan halus dan mantap. Jo Napthine dan Mazz Murray keduanya berperan sebagai kawan Donna, Rosie dan Tanya sungguh luar biasa dan membius penonton demikian juga dengan Richard Trinder yang berperan sebagai Sam Carmichael. Dapat dikatakan seluruh barisan pemain berperan dengan optimal dalam pagelaran kemarin sore.

Kesuksesan Mamma Mia menjadi pembuka dari serentetan drama musikal yang diangkat dari lagu-lagu hits artis lawas. Ia juga menjadi formula kesuksesan baru drama musikal yang diangkat dari lagu hits namun tetap mengutamakan koherensi dari seluruh cerita dan integrasi dari keduanya. Mamma Mia, sebuah tontonan yang layak untuk seluruh keluarga, baik yang mengenal ABBA maupun tidak. Pertunjukan musik yang manis untuk semua.

mamma-mia-2

Bibi Tanya, seorang janda yang menjadi idaman berondong, kawan-kawan Sky

Iklan
About mikebm (1225 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: