Kabar Terkini

Nyanyi Lagu Natal di Mall, PSM Unpad Ditegur Orang dari Ormas


Mendapat kabar dari akun Instagram Christovita Wiloto, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjajaran yang dipimpin oleh Arvin Zeinullah didatangi dan ditegur orang yang mengaku dari organisasi masyarakat karena mengenakan atribut natal dan menyanyikan lagu natal di Trans Studio Mall Bandung. Christovita Wiloto pun mengambil gambar dan mengadukannya kepada akun FB Ridwan Kamil, Walikota Bandung.

Di pukul 17:15 WIB hari Minggu ini, seseorang yang mengaku dari organisasi masyarakat (berbaju coklat) mendatangi dan menegur keras Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjajaran yang sedang mengumpulkan dana untuk mengikuti perlombaan di Eropa. Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjajaran di Trans Studio Mall di hari kemarin menggunakan atribut natal dan menyanyikan lagu-lagu natal dan mengenakan topi sinterklas/ornamen natal di mal tersebut dalam upaya penggalangan dana mereka untuk berkompetisi di Eropa dan mengambil momen natal di mana banyak pusat perbelanjaan berlomba menghadirkan suasana natal, salah satunya dengan mengundang paduan suara untuk bernyanyi di sana.

Yang menarik adalah masih terjadi perdebatan antara beragam pihak atas status topi sinterklas sebagai sebuah atribut keagamaan. Beberapa pihak mengklaim bahwa topi Sinterklas adalah atribut keagamaan Kristen (non-Muslim), sedangkan beberapa pihak lain mengklaim topi-topi ini hanyalah sebuah produk budaya yang netral terhadap muatan agama. Di pihak lain, juga terdapat dua golongan lagu natal, satu yang khusus merujuk natal sebagai peristiwa keagamaan Kristen (dengan tema utama kelahiran Isa Almasih) dan yang lain yang merujuk natal sebagai sebuah peristiwa kultural yang cenderung sekuler di mana keriaan, Sinterklas dan kumpul bersama yang dikasihi mendapat tempat utama.

Teguran dari orang yang mengaku dari organisasi masyarakat ini (berbaju coklat) berdasar pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia no.56 di tahun 2016 yang melarang penggunaan atribut keagamaan non-Muslim bagi umat Muslim. Teguran ini adalah salah satu cermin semakin kuatnya gerakan fundamentalis Islam dan maraknya aksi sweeping atribut Natal di Indonesia.

—–

Tambahan info dikutip post FB Indra Suwito:

Arvin Zeinullah (baju merah) menghadapi oknum yang mengacungkan kamera dan membubarkan PSM Unpad

… seorang pria “suci” ini tiba2 memberhentikan mereka dengan meneriakkan “apakah ada org islam disini???” “Ayo stop, saya islam dan saya mau laporkan kalian!!” “Dan skrg sy rekam kalian dulu!!”

psm-unpad-ditegur
——
UPDATE:
berikut adalah link terbaru dari update terkini dari kondisi yang sempat meresahkan ini:
Update: Pesan Internal PSM UNPAD untuk Diam atas Pelarangan dan Hasil Mediasi

Iklan
About mikebm (1336 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

10 Comments on Nyanyi Lagu Natal di Mall, PSM Unpad Ditegur Orang dari Ormas

  1. Biasanya orang menjadi sensitif dan tdk senang melihat orang lain senang,dan menyebarkan kebencian. karena ada perasaan minder dan ketakutan yang berlebihan. Orang tersebut akan cenderung tidak patuh pada hukum positif. Jadi kalau ada orang seperti ini, kasihani lah dia dan dipanjangkan. Sabar serta berdoalah bagi mereka, karena sesungguhnya mereka kurang paham utk apa mereka melakukan, tujuannya apa dan dasarnya apa…tidak logis.

  2. kelakuan orang2 yg beragama tapibtdk beriman…

  3. Kalo TNI, Polri tetep diam terhadap aksi yg beginian maka, radikal makin bebas.
    Radikal di suriyah makin terpojok, di sini malah menjamur #miris

  4. Ayo stop, saya islam dan saya mau laporkan kalian!!” “Dan skrg sy rekam kalian dulu!!”. Memangnya klo situ islam lalu semua orang harus jg Islam gitu..?!?! Ini Indonesia bukan yaa..?

  5. Di manado, Sulawesi Utara, dsni bnyak muslim yg TURUT MERAMAIKAN pada saat menyongsong hari natal dan pada saat hari natal, bahkan saat konvoi st. Claus teman” muslim juga ikut meramaikan dengan menggunakan ‘FULL’ atribut natal, mau di bubarkan juga? Silahkan.. Salam dari manado ‘TORANG SAMUA BASUDARA’ mar dg bpk nynda hahaha

  6. Laporkan aja

  7. Saya undang Bapak berbaju coklat ke Manado. Karena disini bnyak muslim2 yg merayakan Natal. Tolong di sweeping.Silakan datang dan coba saja rusak keharmonisan antar agama disini. KALAU BERANI!!!

  8. kami orang flores NTT,hari raya lebaran atau natal selalu bersatu… karna kami selalu saling menghargai satu sama yang lain…di negara kita agama bukan satu tapi ada 5 agama marilah kita saling menghargai.

  9. Oalah…
    Apalagi sih???

    Jangan main aturan sendiri dong woiiii ormas…
    Mereka itu adalah perwakilan Indonesia untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia tarik suara bos baju coklat.
    Official Mall nya aja ngasih izin kok, kenapa jadi kau yg sewot bos…

    Buat teman2 PSM Unpad, jangan menyerah.
    Jangan kwatir, Sukses itu tidak diukur dari persiapan saja, tetapi dari tekat dan ketabahan dalam menjalaninya.

  10. Bilang dia di Ambon Mall Mall smua putar lagu natal.. Blng dia ksi stop spy dia pulang kumur kumur kecap.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: