Kabar Terkini

Kegemilangan Ling, Lin, dan Yuzefovich dalam Konser Natal ASJ


​~ oleh Hansen Wiguna

Penghujung tahun 2016 telah tiba dan tahun baru akan sebentar lagi kita masuki. Berlimpahnya konser baik dalam maupun luar negeri dalam menyambut kelahiran Isa Almasih menjadi anugerah tersendiri bagi para penikmat musik. Aula Simfonia Jakarta pun tidak mau melewati momen ini tanpa menyuguhkan apa-apa. Konser bertemakan Natal ini mengundang pengaba dunia Jahja Ling yang memimpin keseluruhan pagelaran pada dua malam 17 dan 18 Desember 2016 lalu.  

Karya pembuka menampilkan Double Violin Concerto Bach yang dibawakan oleh solois Cho Liang Lin dan Igor Yuzefovich. Dua pebiola kawakan ini menyuguhkan music Bach yang begitu padu dan serasi menunjukkan kematangan dari pengajar di Julliard (Lin), perguruan tinggi musik paling prestisius di Amerika Serikat dan concertmaster/pemimpin Singapore Symphony Orchestra (Igor). Bagian pertama Vivace dimainkan dengan begitu rapi merangkai music kalimat demi kalimat yang ditulis dalam bentuk ritornello yang berulang ini. Tema musik yang berkembang hingga akhirnya menunjukkan virtuositas yang dibalut dengan kelincahan jari mencapai penghujung yang klimaks. Duet alur melodi yang begitu indah pada bagian kedua memainkan style fuga. Dan diakhiri bagian ketiga Allegro dengan bentuk ritornello kembali dengan suasana tarian yang kembali menunjukkan kapabilitas melalui kecepatan dan style yang agresif. Dengan format orchestra yang tidak besar namun juga tidak begitu kecil untuk karya Bach, Jahja Ling memutuskan untuk memimpin Jakarta Simfonia Orchestra untuk karya ini. Pada konser 18 Desember antusias penonton membuat Lin dan Igor memutuskan untuk memainkan karya tambahan duet Meditation karya Massenet. 

​Pagelaran konser dilanjutkan dengan permainan kelas dunia dari Cho Liang Lin menyuguhkan karya raksasa Tchaikovsky Violin Concerto in D Major. Bakat dari seorang yang memulai studinya di Julliard pada usia 15 tahun ditambah kematangan usia dan pengalaman tidak bisa memungkiri permainan Lin. Karya komponis Rusia ini dibawakan dengan begitu jelas memperhatikan artikulasi sehingga menghasilkan musik yang padat dengan berenergi. Cadenza yang dimainkan Lin dengan begitu tenang banyak mengambil waktu menunjukkan kematangannya dalam bermusik. Perfeksionitas tinggi yang ia tuntut dapat terlihat pula dalam masterclass yang diberikannya terbuka untuk umum pada 17 Desember paginya. Permainan Lin yang memulai debut nya pada usia 19 tahun pada Mozart Festival dan kemudian bersama New York Philharmonic dan Zubin Mehta mampu diimbangi oleh Jakarta Symphony Orchestra dengan Igor Yuzefovich sebagai Concert Master. 
​Setelah jeda, konser ditutup dengan paduan suara Jakarta Oratorio Society (JOS) bersama Jakarta Simfonia Orchestra yang membawakan music Amerika The Many Moods of Christmas karya Robert Shaw dan Robert Russell Bennett. Paduan suara JOS mampu memberikan performa terbaiknya pada hari H menurut harpsichordist Double Violin Concerto Bach, Vincent Wiguna, yang mengikuti proses latian bersama Jahja Ling. Di bawah baton Ling, lagu-lagu yang menceritakan kisah Yesus Kristus ini mampu dijiwai oleh penyanyi sehingga menghasilkan musik yang begitu padu dan terarah. Dengan didukung format orkestra yang cukup besar, malam konser ditutup dengan kemeriahan dan suasana Natal yang dirasakan oleh penonton. Malam konser Natal ASJ menjadi malam yang menyuguhkan keceriaan yang tidak terlupakan di bawah pimpinan pengaba Jahja Ling, terbukti dari antusias penonton yang hampir tidak menyisakan kursi kosong dalam 2 malam program konser yang sama ini.

~ Hansen Wiguna adalah lulusan sekolah musik Musicorum dan kini aktif sebagai pianis kolaboratif di Bandung dan Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: