Kabar Terkini

Trisutji Kamal Terima Penghargaan Akademi Jakarta 2016


Di hari Kamis malam, Teater Kecil Taman Ismail Marzuki menggelar acara Penyerahan Penghargaan Akademi Jakarta 2016 kepada komponis senior Indonesia, Trisutji Kamal.

Trisutji Djoeliati Kamal yang di bulan November lalu berulang tahun ke-80, adalah salah satu sosok utama dalam perkembangan dunia komposisi musik Indonesia. Setelah menyelesaikan pendidikan di Conservatory St. Caecilia di Roma dan berprestasi di Eropa, di tahun 1967 Tante Titi, begitu ia akrab disapa, memutuskan untuk pulang ke Indonesia. Opera satu babaknya ‘Loro Jonggrang’ adalah opera pertama Indonesia dan diperdanakan di Castel Sant Angelo, Roma. Kiprahnya sebagai komponis wanita bukan hanya sebagai catatan feminis dunia komposisi namun juga prestasi yang luar biasa dalam dunia komposisi musik klasik/seni Indonesia. Karyanya bukan saja menghiasi Indonesia namun juga digemari dan diapresiasi di dunia. 

Karyanya dikenal kuat dengan integrasi elemen tradisi musik Barat dan Indonesia dengan warna ke-Islam-an yang erat mempengaruhi semangat karya-karya musiknya. Musik pun juga menjadi ekspresi iman yang diyakininya. Ini yang menyebabkan karya Trisutji Kamal berbeda dari komponis-komponis Indonesia lainnya.

Penghargaan Akademi Jakarta adalah anugerah tahunan yang dimulai dengan nama Hadiah Seni di tahun 1975. Sempat terhenti di tahun 1978, anugerah ini kemudian  berganti nama dan dilaksanakan rutin setiap tahunnya oleh Akademi Jakarta sejak tahun 2004. Putu Wijaya, Amir Pasaribu, Slamet Rahardjo Djarot, Taufiq Ismail, dan Sapardi Djoko Damono adalah beberapa nama kondang yang menerima penghargaan ini yang diberikan oleh dewan juri independen yang memutuskan pemenang dari Anugerah ini, di antaranya Rm. Mudji Sutrisno dan Karina Supeli.

Pada malam anugerah ini hadir juga pianis Hazim Suhadi yang membawakan 2 Nocturnes. Empat Tembang puitik ‘Tembang’, ‘Kepadamu Bunda’, ‘Anugrah’, dan ‘Aku’, terakhir didasari puisi kondang pujangga Chairil Anwar, dibawakan oleh soprano Aning Katamsi dan pianis Ratna Katamsi.

Iklan
About mikebm (1236 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: