Kabar Terkini

Gedung Konser Hamburg Diresmikan, Intip Interiornya di Sini


Hari Rabu tanggal 11 Januari ini, sebuah gedung konser baru akan diresmikan di Jerman. Elbphilharmonie yang terletak di kota Hamburg akan menjadi gedung konser utama di kota besar yang menghadap ke sungai Elb ini dan akan menjadi rumah bagi orkestra radio di kota terbesar kedua di Federasi Jerman ini, NDR Elbphilharmonie Orchestra atau dulu dikenal sebagai NDR Symphony Orchestra. Kapasitas auditorium utama ‘Aula Besar’ sebesar 2,074 orang yang kesemuanya mengelilingi panggung dan berjarak maksimal 30 meter dari bibir panggung.

Setelah tertunda lebih dari 6 tahun akibat resesi global akhirnya proyek besar rancangan arsitek Herzog & Meuron ini rampung juga dengan biaya membengkak tiga kali lipat dari 241 juta euro menjadi 789 juta euro. Dibangun dengan inspirasi daerah sekitarnya yang merupakan bekas daerah pergudangan industri, berbagai pertunjukan di Elphilharmonie kini telah sold-out karena animo besar dari masyarakat akan gedung dengan arsitektur terbaru tersebut. elbphilharmonie1

Desainnya yang spektakuler di tempat bekas gudang coklat ini diharapkan mampu menciptakan ‘Bilbao Effect’ dengan menghidupkan kembali daerah terbengkalai kota dengan seni dan arsitektur modern megah seperti Museum Guggenheim di Portugal itu. Apakah intensi tersebut akan membuahkan hasil, hanya waktu yang dapat menjawabnya. Uraiannya pun sudah seakan sudah mengikuti formula regenerasi kota yang sedang mewabah di Eropa: Daerah bekas industri, bangunan baru untuk seni, di tepian air, menggabungkan wisata budaya dan juga gaya hidup.

elbphilharmonie-interior

Selain orkestra NDR, Elbphilharmonie juga akan mengetengahkan dua orkestra residen lain di kota tersebut: Hamburg State Philharmonic Orchestra dan Hamburg Symphoniker, bersama dengan orkestra dunia lainnya yang berkunjung ke kota ini. Sebagai informasi, Elbphilharmonie juga mengetengahkan kompleks apartemen mewah di atas gedung konser, menciptakan bentukan unik dari sebuah gedung konser superblok dengan hunian di atasnya. Selain Carnegie Hall yang dibangun di akhir abad 19, banyak proyek baru gedung konser modern tidak lagi bercampur dengan hunian, namun Elbphilharmonie mengubah paradigma tersebut.

Berikut adalah gambaran pendek interior Elbphilharmonie yang diambil dengan menggunakan drone yang kini populer di kalangan pecinta fotografi dan video.

Iklan
About mikebm (1247 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: