Kabar Terkini

Orkes Dinamis yang Terancam Bubar


Orkestra yang begitu dinamis dengan permainan yang luar biasa. Hafal satu suita dengan permainan yang sedemikian padu, kompak dan musikal.

Camerata Nordica asal Swedia ini sungguh menyuguhkan interaksi musikal yang luar biasa.

Sayangnya kondisi yang luar biasa ini dinodai oleh pembekuan setidaknya 2 kegiatan orkestra yang telah direncanakan tahun 2016 karena kondisi finansial yang buruk. Hal ini diikuti oleh maruknya sang chief executive yang meskipun membawa orkestra merugi hingga dibekukan tetap mendapatkan uang pensiun yang besar (450,000 Euro) yang mengagetkan banyak pihak, termasuk musisi. Anehnya para pembina orkestra tetap menghire kembali sang chief excutive, Kjell Lindström, hingga didapat penggantinya meskipun kinerjanya juga tidak menunjukkan perbaikan organisasi. Duapuluh delapan musisi freelance dari orkestra ini kemudian marah dan mengajukan pengunduran diri dan membawa persoalan ini ke media massa.

Bahkan bagi beberapa orkestra Eropa pun, musisi freelance masih menjadi tulang punggung beberapa orkestra dan seringkali tidak mendapat jaminan yang jelas padahal mereka jugalah tulang punggung orkestra.

Iklan
About mikebm (1281 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: