Kabar Terkini

Royal Arena Denmark Diresmikan

Kig fra Nord_event_front

Kerajaan Denmark akan meresmikan sebuah gedung pergelaran serbaguna, Royal Arena. Diresmikan tanggal 3 Februari ini dengan rangkaian konser Metallica, gedung serba guna dengan kapasitas 13,000-16,000 orang tergantung format acara ini diproyeksikan akan menjadi salah satu venue utama di kancah perkonseran di Denmark.

Dimulai tahun 2013, proyek pembangunan gedung konser ini dimulai untuk mengisi kekosongan tingkatan gedung pertunjukan dengan kapasitas di kisaran 10,000-20,000 orang di negara viking ini. Parken Stadium adalah satu-satunya arena indoor dengan kapasitas 38,000 orang dan sering didapuk terlalu besar untuk beberapa jenis pertunjukan. Dana sebesar 150 juta euro pun dikucurkan untuk membangun arena dalamruang ini.

Arena ini pun akan pula digunakan sebagai tempat pertandingan olah raga dalam ruang (basket, renang, voli, dan sebagainya) dan akan menjadi arena serba guna yang dicari di Denmark.

Interior Royal Arena

Interior Royal Arena

Malangnya dibukanya gedung konser ini dibarengi dengan menciutnya anggaran pemerintah Denmark untuk kesenian. Anggaran kesenian berkurang 2% di tahun ini dan beberapa kelompok musik pun terancam melakukan pemutusan hubungan kerja dan efisiensi dengan pengurangan jumlah pertunjukan untuk menyikapi perubahan anggaran ini. Bahkan untuk penghematan, Denmark per tahun 2017 tidak lagi memiliki orkestra tetap untuk gedung pertunjukan operanya dikarenakan mengubah status kepegawaian para pemain orkestranya dari permanen menjadi freelance.

Bagaimanakah prioritas pemerintah Denmark dalam menyikapi seni dan budaya? Langkah ini menjadi salah satu tanda-tanda perspektif pemerintah Denmark.

royal-arena-exterior2

Iklan
About mikebm (1303 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: