Kabar Terkini

Dr. Pono Banoe Berpulang


Salah satu tokoh senior dunia musik dan juga penggerak pendidikan musik, Dr. Pono Banoe berpulang hari ini.

Berusaha mencari bibit-bibit pendidik musik di berbagai daerah, Pono Banoe mendirikan Music Education College Suling Bambu di tahun 2005 dan kemudian Sekolah Tinggi Ilmu Keguruan Musik Dr. Pono Banoe yang ia dirikan dan susun kurikulumnya sendiri dan diakui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dr. Pono Banoe yang oleh Suka Hardjana beberapa tahun lalu dalam sebuah forum yang diselenggarakan Dewan Kesenian Jakarta dianggap sebagai pribadi yang dihindari untuk bermusik bersama karena dianggap ‘kurang pintar’ ketika masa mudanya, nyatanya justru menjadi penulis dua kamus musik: Kamus Musik (2005) dan Kamus Umum Musik (2012).

Lahir tahun 31 Desember 1937, Dr. Ponoe Banoe memulai karier sebagai pemusik tentara dan kemudian meneruskan sekolah ke Jerman. Ia pun sempat aktif dalam dunia pendidikan musik Yayasan Musik Indonesia dan Yayasan Seni Musik Indonesia. Ia juga aktif di dunia pendidikan musik di berbagai marching band dan pernah tergabung sebagai staf dosen di jurusan musik Fakultas Ilmu Seni Universitas Pelita Harapan dan beberapa universitas lainnya.

Gambar: https://labib85.files.wordpress.com/2013/05/p1020059.jpg?w=550&h=367

Iklan
About mikebm (1236 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: