Kabar Terkini

Program Residensi Baru Dikbud: Seniman Mengajar ke Daerah


Sebuah program baru saja diluncurkan oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sebuah program residensi bagi seniman untuk kemudian dikirim ke daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T) untuk tinggal selama 20 hari dan berkarya bersama komunitas setempat. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kualitas ekspresi seniman dan juga menguatan identitas komunitas setempat lewat karya seni yang dihasilkan tersebut.

Hasil residensi ini yakni sebuah pelaporan baik tertulis maupun video mengenai interaksi mereka dengan komunitas sekitar, baik komunitas masyarakat maupun interaksi artistik dengan komunitas seniman dan sanggar setempat. Program pertukaran ini tampak mengedepankan dialog dan partisipasi aktif seniman. Selain itu Kemendikbud juga menyebut secara khusus ‘transformasi’ sebagai sebuah tujuan utama untuk kegiatan ini. (lihat di web kemendikbud)

Dengan wilayah yang sedemikian luas dan lingkup seniman yang terkotak-kotak, program ini berpotensi menjadi pelopor jaringan seniman yang lebih kuat dan lintas geografi. Sedang yang menjadi tantangan adalah bagaimana mencari seniman yang berkualitas yang kemudian dapat menjadi residen yang baik yang bersemangat sekaligus bermanfaat bagi daerah tujuan. Untuk kesempatan perdana ini, Direktoral Kesenian memilih 3 daerah tujuan dengan pelaksanaan dua tahap:

  1. Natuna, Kepulauan Riau
  2. Kapuas Hulu, Kalimatan Barat
  3. Belu, Nusa Tenggara Timur

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan:

Informasi lengkap pendaftaran silakan kunjungi laman ini senimanmengajar.kemdikbud.go.id.

Sebuah program yang menarik dan semoga dapat berlangsung dengan lancar.

Iklan
About mikebm (1247 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: