Kabar Terkini

ITB Student Orchestra: Berkeliling Dunia dengan Musik


~ oleh Made Susena Griya Putra

Walaupun memiliki bahasa yang berbeda-beda, manusia seyogyanya memiliki sebuah bahasa universal yang dapat dimengerti semua orang yaitu adalah musik. Musik di dunia pun memiliki karakter tersendiri yang menjadi ciri khas setiap daerah, hal ini lah yang ingin dibawakan oleh Institut Teknologi Bandung Student Orchestra (ISO) dengan mengajak penontonnya untuk berkeliling dunia dengan musik. Dalam konser tahunan ke-8 mereka yang bertajuk “Travelling Through Melodies” ISO membawakan lagu-lagu yang  berasal dari berbagai belahan dunia mulai hari Eropa, Amerika, Jepang hingga Indonesia.

Konser digelar di Aula Barat ITB, Bandung yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut diisi dengan berbagai bentuk permainan musik. Pada sesi pertama penonton disuguhkan dengan penampilan-penampilan dari ensembel yang dimiliki ISO, salah satunya adalah ensembel gitar yang tergolong jarang di ranah orkes mahasiswa di Indonesia sebagai bagian dari organisasi musiknya itu sendiri. Ensembel gitar ISO menampilkan versi aransemen ulang dari karya-karya Eropa dan Amerika, diantaranya The Entertainer dari Scott Joplin dan Malaguena dari Ernesto Lecuona. Penamampilan yang berlangsung selama kurang lebih empat puluh menit tersebut tentu membutuhkan stamina yang ekstra dari pemain-pemain gitar yang tampil tanpa henti. Pada paruh akhir ensembel tersebut pun dapat dirasakan beberapa pemain cenderung lelah akibat permainan yang cukup menyita kemampuan jari mereka memainkan rangkaian nada yang tergolong cepat pada beberapa bagian lagu mereka. Namun pengaba mahasiswa Kurnia Adi Widyawan dapat membawa ensemble tersebut hingga akhir penampilan dengan abaan yang jelas. Sesi pertama diakhiri dengan penampilan sesi ensembel tiup yang salah satunya memainkan karya aransemen Hungarian Dance dari Brahms.

Intermisi selama kurang lebih 20 menit memberikan kesempatan bagi penonton untuk siap dibawa berkeliling kembali pada sesi kedua. Bagian pertama Konserto Biola no.4 (Winter) dari Vivaldi pun membuka sesi kedua dengan nuansa yang segar. Rangkaian nada dengan perubahan dinamika drastis yang menjadi ciri dari musik barok pun dapat dibawakan oleh sesi gesek dengan solid bersama dengan solisnya. Solis kedua pun dapat membawa penonton hanyut dalam nada pentatonis dalam  lagu aransemen Bubuy Bulan dengan kadensa arpegiatik pada bagian tengah lagu yang membawa nuansa segar tersendiri bagi penonton. Beberapa karya easy-listening seperti Paladio dari Karl Jenkins, Brook Green Suite dari Gustav Holst, Plink Plank Plunk dari Leroy Anderson serta All I Ask of You yang merupakan salah satu dari lagu opera Phantom of the Opera kembali membawa nuansa segar di telinga penonton yang kebanyakan adalah mahasiswa ITB. Namun, penonton sontak berbisik satu sama lain saat mendengar lagu-lagu tahun kartun Jepang 2000-an yang menjadi teman generasi 90an di hari minggu pagi. Seakan penonton diajak kembali bernostalgia mengingat masa kecil mereka melalui konser ini. Konser pun berakhir setelah penyerahan bunga dengan diakhiri lagu aransemen dan kompilasi Dangdut Indonesia dari berbagai generasi.

ISO sendiri merupakan orkes mahasiswa milik Institut Teknologi Bandung yang telah menjadi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ITB sejak tahun 2005. Ketua dari ISO, Febe Kartika sendiri mengatakan mereka sendiri mempersipkan konser ini selama kurang lebih dua bulan yang mana merupakan waktu yang cukup singkat bagi mereka sebagai sebuah orkes mahasiswa. Pengaba dalam semua penampilan dari konser pun semuanya berasal dari mahasiswa yang tergabung dalam UKM tersebut. Begitu pula dengan organisasi dan tim artistik mereka. “Kedekatan emosi dan semangat jiwa muda antar pemain yang sangat tergambar dalam penampilan musiknya membuat seisi Aula Barat ITB hanyut dalam nuansa dari karya-karya yang dibawakan” ujar Deza Achmad Zakiy, Ketua Orkes Simfoni Universitas Indonesia Mahawaditra.

~ Made Susena Griya Putra adalah violis prinsipal OSUI Mahawaditra dan Orkes Komunitas Concordia dan saat ini berkuliah di jurusan Teknik Perkapalan Universitas Indonesia

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: