Kabar Terkini

UU Pemajuan Kebudayaan Akhirnya Disahkan

Ruang sidang paripurna DPR RI

Akhirnya undang-undang yang telah digagas berpuluh tahun disahkan juga pada tanggal 27 April 2017 kemarin. Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan akhirnya disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia dan kini diserahkan kembali ke Presiden RI untuk digarap tata laksananya di level eksekutif.

Undang-undang ini menjadi titik kulminasi perjuangan insan budaya dan seni untuk memastikan koordinasi dan dukungan yang nyata dari pemerintah akan bidang yang sangat penting dalam berkebangsaan ini. Digagas oleh DPR RI, UU ini merupakan pengembangan pasal 32 UUD 1945 yang menyebutkan peran negara untuk memajukan kebudayaan.

Kebudayaan dalam undang-undang ini dilihat sebagai investasi dan bukan pertaruhan angka-angka dan berpusat pada tata kelola, penyediaan infrastruktur dan pembagian tugas dan wewenang dalam pengembangan kebudayaan. Pengembangan budaya ini juga termasuk upaya untuk merekam, mencatat, penyusunan strategi induk dan pemanfaatan kebudayaan di masa mendatang. Saat ini 18 kementerian sudah menjalankan upaya pemajuan kebudayaan namun tidak ada payung yang lengkap dan garis koordinasi yang jelas antar lembaga pemerintahan tersebut. Dengan adanya undang-undang ini, presiden RI akan memiliki landasan hukum yang jelas untuk mengarahkan administrasinya dalam pengelolaan kebudayaan nasional. Selain itu, UU ini memberi bingkai wewenang setiap daerah untuk menentukan kebijakan kebudayaannya sendiri yang sesuai dengan nilai masyarakat dan prinsip otonomi daerah.

Berikut adalah bahasan singkat tentang UU Pemajuan Kebudayaan oleh hukumonline.com.

Kabar lain dari republika, antara, dan Koalisi Seni Indonesia yang memantau proses UU ini.

Iklan
About mikebm (1265 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: