Kabar Terkini

28 Mei, Konser Akhir Jahja Ling sebagai Direktur Musik San Diego


Setelah mengumumkan akan pensiun sejak 2 tahun lalu, akhirnya di bulan ini ia akan menutup karirnya di San Diego Symphony Orchestra. Jahja Ling sebagai salah satu aktor musik asal Indonesia yang berprestasi di Amerika Serikat memuncaki tangga konduktor di sana dengan menjadi direktur musik di Florida Symphony dan kemudian melanjutkan ke San Diego Symphony Orchestra.

Di San Diego, Jahja Ling berperan mempertahankan orkestra yang baru saja pulih dari kebangkrutan dan ditinggalkan sepertiga pemain kuncinya lalu mengembangkannya hingga levelnya kini dan mengekspansi orkestra. Orkestra ini berkembang dari orkestra daerah menjadi orkestra yang disegani di Amerika Serikat, menggelar penampilan perdana mereka di Carnegie Hall, New York dengan sukses. Mereka di bawah kepemimpinan Jahja Ling juga dengan sukses merealisasikan penampilan tur mereka ke China yang menjadi salah satu tonggak keberhasilan mereka sebagai orkestra profesional.

Sebagai seorang figur yang kebapakan, para pemain juga menghormati figur seorang Jahja Ling yang membangkitkan orkestra ini hingga staturnya kini. Suara orkestra San Diego di negara bagian California ini dibentuk oleh idealisme Jahja lewat proses rekrutmen musisi yang ia pilih sebagai bagian tanggung jawabnya sebagai direktur musik selama 15 tahun lebih. Rasa hormat itu juga nampak ketika Jahja pulang kampung ke Jakarta dan memimpin Jakarta Simfonia Orchestra di Aula Simfonia, mengajak beberapa jajaran pemain inti dari San Diego untuk berbagi musik dengan musisi di Jakarta. Musisi orkestra di Indonesia terutama yang bermain di Jakarta Simfonia pun merasakan sendiri bagaimana figur seorang Jahja Ling mampu menginfeksi seluruh pemain orkestra sehingga mereka sehingga kehadiran Jahja satu kali setahun sebagai International Artistic Advisor untuk orkestra ini selalu dinantikan oleh pemain maupun publik Jakarta.

Di usianya yang ke-65, lulusan Julliard dan doktorat di Yale ini setelah pensiun akan lebih memfokuskan kehidupannya untuk keluarga, sesekali mendirigen tamu dan pelayanan keagamaan. Ia juga akan mendosen dirigen di Cleveland Institute of Music sebagai Distinguished Principal Guest Artist.

Kabar lengkap di sini:

http://www.sandiegouniontribune.com/entertainment/classical-music/sd-me-ling-profile-20170521-story.html

Iklan
About mikebm (1247 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: