Kabar Terkini

Ternyata ada Rencana Pengembangan Musik Nasional dari 2015


Baru sadar bahwa industri musik sebenarnya telah diteliti dan dirancang pengembangannya dari periode 2015-2019. Inisiatif ini ditelurkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang dipimpin Mari Elka Pangestu di masa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono.

Dokumen setebal 168 halaman yang diterbitkan tahun 2015 ini telah menjadi pegangan Badan Ekonomi Kreatif dalam mengembangkan subsektor musik di Indonesia dan memang telah tercantum di website Bekraf. Namun demikian, memasuki tahun ketiga sejak diterbitkannya dokumen pemerintah ini, realisasi dari rencana pengembangan musik nasional dan dampaknya tentunya perlu kita kaji bersama.

Apakah dokumen ini berdiri sebagai rencana yang sungguh mengarahkan pengembangan subsektor musik ataukah hanya sekedar dokumen yang dirilis oleh pemerintah terdahulu yang kemudian kehilangan relevansinya, terlebih dengan perombakan struktur dan fungsional kabinet di era Joko Widodo ini dengan berdirinya BEKRAF secara mandiri dan terpisah dari kementerian sebelumnya? Dokumen ini sendiri mengangkat Rancangan Pembangaunan Jangka Menengah Nasional (PJMN) 2015-2019 sebagai kerangka dasar penyusunan dokumen ini yang menyatakan bahwa dokumen ini tetap terus menjadi guidelines untuk pengembangan subsektor musik hingga 2019. Mungkin kita bisa kaji bersama sebagai penggiat, akademisi dan juga elemen pemerintah mana yang sudah tercapai, mana yang masih sangat jauh dari target di tahun 2017 ini.

Iklan
About mikebm (1265 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: