Kabar Terkini

Masih Pentingkah Musik dan Bunyi Dipelajari?


Sebuah upaya yang baik dari komponis dan improviser Jay Afrisando untuk mengupas definisi musik, intrinsik dan relasinya dengan sekitarnya. Patut dibaca.

Satya Nagari

Kita semua tahu bahwa Indonesia adalah bangsa yang luar biasa. Tengok saja sejarah bangsa Indonesia bersama potensinya hingga saat ini; sulit bagi siapapun untuk sangsi terhadap potensinya yang, sekali lagi, luar biasa. Di satu sisi, kita tentu juga sudah tahu bahwa bangsa kita masih berjuang menuju era yang lebih baik. Menengok tetangga kita seperti Malaysia, Thailand, atau yang sedikit lebih jauh, Korea Selatan, yang walaupun usia kemerdekaannya sebelas-dua-belas dengan negara kita, mereka sudah jauh lebih unggul di banyak bidang.

Bertolak dari titik inilah saya tetap selalu yakin bahwa Indonesia bisa unggul dan patut dikembangkan keunggulannya. Kemudian bidang apa yang mesti kita unggulkan? Teknik? Pasti. Ekonomi dan akuntansi? Tentu. Kedokteran? Betul. Sains? Yoih. Hukum? Jelas. Pendidikan? Apalagi. Tapi bagaimana dengan seni dan budaya? Lebih mengerucut lagi: bagaimana dengan musik? Apakah bidang ini masih perlu untuk diunggulkan? Jikapun begitu, apakah derajat prioritasnya setara dengan bidang lainnya?

Definisi musik; jejak pemikiran dan sistem…

Lihat pos aslinya 1.141 kata lagi

Iklan
About mikebm (1265 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: