Kabar Terkini

Ahmad Dhani Mengajukan Diri untuk Wisata Budaya Anies-Sandi


Kabar sedang merebak bahwa Ahmad Dhani yang mengajukan diri untuk menjadi bagian tim pengembangan museum/Dewan Museum dari Gubernur DKI terpilih Anies-Sandi di bidang Wisata Budaya dalam pemaparan tim kerja wisata dan budaya di Cheers Residential Graha RSPP.

Setelah gagal menjadi calon bupati dan melenggang di bursa kepemimpinan Kabupaten Bekasi, nampaknya musisi dan pebisnis Ahmad Dhani sudah mengincar untuk menggerakkan roda wisata berbasis budaya di Jakarta dengan menargetkan diri masuk dalam Dewan Museum yang digagas oleh Anies-Sandi dan menjadikan Jakarta sebagai kota wisata berbasis museum. Dhani sendiri menjadi bagian dari tim kerja yang dibentuk gubernur terpilih tersebut yang ingin menjadikan Jakarta sebagai kota museum.

“Dewan museum tentunya isinya pakarnya lah, ahli-ahli dalam dunia kemuseuman lah. Saya sama Fadli Zon adalah orang yang paling ahli di Jakarta dalam urusan museum,” imbuh Dhani. -detik.com

Berita lengkap detik.com dan kompas.com.

Jujur saja, memang museum di Jakarta perlu pembenahan. Namun juga perlu dilihat bahwa untuk mewujudkan hal tersebut perlu kerja sama erat dengan pemerintah pusat karena banyak museum dan situs sejarah di Jakarta justru berada dalam pengawasan pemerintah pusat dan bukan di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI dengan struktur sekarang di bidang pengelolaan daya tarik destinasi seksi sejarah dan permuseuman. Di sisi lain, visi tersebut memang perlu diapresiasi, tapi apakah dapat mengubah wajah permuseuman ibukota?

Dikabarkan Detik, Dhani berkaca banyak dari Kota Malang, lewat museum angkut yang sebenarnya didorong khusus oleh sektor industri swasta. Posisi Dewan Museum yang ingin dibentuk juga perlu disandingkan secara khusus dengan job description dari Disbudpar dan seksi Permuseuman yang telah ada. Model seperti apakah yang ingin diadopsi pun menjadi sebuah tanda tanya tersendiri, apakah akan mengikuti fungsi kuratorial Dewan Kesenian Jakarta ataukah ada model relasi yang lain. Pun pekerjaan besar punmenanti, yakni membangun audiens publik Jakarta dan apresiasi museum yang selama ini terlupakan.

Sungguhkah Ahmad Dhani dan Fadli Zon ahli yang cocok untuk membangun permuseuman Jakarta?

Iklan
About mikebm (1289 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: