Kabar Terkini

Patung Ikan Nyoman Nuarta Dirobohkan Tanpa Sebab


Dunia seni rupa berkabung dengan dirusaknya Patung Ikan di kota Pangandaran Jawa Barat hari ini tanpa sebab yang jelas. Patung tersebut adalah peringatan akan kota Pangandaran sebagai penghasil ikan karya pematung ternama Indonesia, Nyoman Nuarta.

Dari detik.com, karya perupa yang kini melejit namanya sebagai pematung ternama Indonesia ini dibuat tahun 1970an, sebelum namanya melesat sebagai perupa Indonesia. Kini karyanya menghiasi banyak ruang publik di berbagai kota di Indonsia dan menjadi obyek wisata. Patung Jalesveva Jayamahe di Surabaya, Patung Garuda Wisnu Kencana di Bali adalah sedikit dari kreasinya yang dinikmati publik Indonesia.


Diambil dari FB pemusik Michael Asmara, patung ini memang bukanlah karya yang mendapat apresiasi bahkan ketika berdiri tegak di Pangandaran, terbukti lewat banyaknya baliho dari instansi pemerintah sendiri yang ‘menghiasi’ ataupun ‘mengotori’ pemandangan di sekitar patung tersebut. Kabar ini menyebar lewat laporan perupa Bandung Tisna Sanjaya. 

Meskipun karya ini mungkin tidak lagi dipandang relevan untuk mengisi ruang publik Pangandaran, namun perobohan patung dengan buldoser tanpa seizin pembuatnya tentu sangat menyedihkan. Patung tersebut yang dibangun dengan konsepsi seni rupa modern telah menjadi bagian dari ruang publik kota selama setidaknya 40 tahun. Penghancurannya dapat diartikan penghapusan nilai sejarah dari kota Pangandaran dan gagal pahamnya pemerintah daerah akan nilai seni yang terkandung dalam sebuah karya dan curahan upaya yang diberikan oleh seniman ketika membuatnya. Sekalipun ingin diangkat dari posisinya, adalah baik apabila dimintakan izin dahulu kepada sang seniman dan apabila mungkin dipindahkan secara utuh ke tempat lain untuk disimpan karena nilai sejarahnya atau masuk museum. Hal ini dapat dilakukan sekalipun diganti dengan karya lain yang lebih baru dan mengena bagi masyarakat kini. Memang harus diakui, memindahkan patung dengan hati-hati pasti lebih mahal daripada menghancurkannya sekaligus.

Penghancuran ini menjadi pertanda menurunnya adab dan apresiasi seni rakyat dan pemimpin masyarakat di Pangandaran. Menyedihkan, apalagi kalau seperti rumor yang berhembus di Whatsapp bahwa monumen ini diratakan untuk memberi tempat untuk iklan rokok.

Iklan
About mikebm (1281 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

1 Comment on Patung Ikan Nyoman Nuarta Dirobohkan Tanpa Sebab

  1. Joshua Jovan Santoso // 12 Juli 2017 pukul 5:31 pm //

    Outrageous! Ketika bangsa yang katanya sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan, kesopanan, dan agama tapi ternyata masih jauh dari kenyataan, bahkan menghargai karya seni anak bangsa sendiri saja tidak bisa. I am deeply saddened and what a pseudo-wisdom that we have long carried.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: