Kabar Terkini

Van der Walt dan Lokakarya Komposisi Gratis


Komposisi musik dan kreativitas telah meretas batas, Rabu 19 Juni nanti Dr. J Simon van der Walt akan hadir memberikan lokakarya penciptaan musik bagi khalayak ramai di Universitas Pelita Harapan D501, Karawaci. Pun lokakarya ini justru akan cukup unik, yakni melihat bagaimana seorang komponis dari mana pun asalnya mampu berkreasi dengan materi yang lintas batas, di mana batas teritorial negara tidak lagi menjadi penghalang.

Lokakarya gratis ini akan mencakup  mendengarlan karya van der Walt yang beragam yang merupakan manifestasinya atas beragam minat dan pengaruh musik dan seni pada umumnya dari komposisi musik tertulis ke installation, sound art, performance, dan devised musiktheatre. Beberapa karya komposisi mahasiswa UPH juga akan diperdengarkan dan dibahas di sana. Selain itu, Dr. van der Walt juga memperkenalkan metode komposisi baru bernama ‘livecoding’ dengan menggunakan software open source SuperCollider. Peserta juga akan bersentuhan dengan gamelan di mana van der Walt adalah pecinta dan pecipta musik gamelan.

Dr. Van der Walt sendiri adalah seorang musisi instrumentalis yang kini memegang posisi pengajar tetap di salah satu perguruan tinggi musik terbaik di Inggris, Royal Conservatoire of Scotland dan mengepalai program paskasarjana musik di sana. Selain menulis musik ia juga membangun alter ego fiksional dalam karirnya Edward ‘Teddy’ Edwards, ‘unsung hero of British light music electronica’. Ia pun aktif bermain dengan ensembel gamelan di Skotlandia ‘Naga Mas’ dan juga menulis beberapa karya musik untuk gamelan.

Iklan
About mikebm (1282 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: