Kabar Terkini

Addie MS Terima Anugerah Kebudayaan


Addie MS menjadi orang kedua dari bidang musik klasik yang menerima Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni 2017 dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendi. 

Addie MS dikenal sebagai konduktor orkestra dan mencuat namanya lewat prestasinya bersama Twilite Orchestra sejak dekade 1990-an. Penghargaan yang disematkan kepadanya bertitelkan Pencipta, Pelopor dan Pembaru Seni Musik (Orkestra dan Paduan Suara). Addie MS menyusul konduktor Avip Priatna yang sebelumnya mendapatkan penghargaan yang sama dua tahun lalu. 

Penghargaan ini adalah upaya pemerintah mengapresiasi pelaku seni di tanah air, mulai dari tradisi hingga seni urban. Yang menarik adalah mereka yang berjasa adalah mereka yang berkarya di bidang seni dan telah menjadi tokoh di dalam komunitas tersebut. Sebuah upaya yang perlu diapresiasi namun juga perlu dicermati untuk melihat seberapa menjangkau seniman di pedalaman dan mereka yang sungguh berdedikasi total di bidangnya, meski bukanlah seorang figur publik yang dielu-elukan. Namun pemilihan nama Addie MS sebagai penerima penghargaan ini bersama dengan Avip Priatna sebelumnya adalah sebuah keniscayaan karena apabila mereka tidak menerima anugerah ini, justru reputasi penghargaan inilah yang patut dipertanyakan. Ananda Sukarlan juga menerima anugerah ini di tahun 2015.

Iklan
About mikebm (1302 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: