Kabar Terkini

Medsos Musik Klasik Ramai Karena Kasus Penggelapan Uang


Media sosial para musisi klasik Indonesia nampaknya sedang ramai membahas tudingan penggelapan uang yang dilakukan oleh satu oknum panitia penyelenggaraan orkestra.

Beberapa musisi yang merasa dirugikan memutuskan angkat bicara lewat media sosial terutama via Instagram. Tuduhan disampaikan bahwa penyelenggara tersebut menjanjikan sejunlah uang kepada masing-masing pihak, baik penyedia jasa layanan rekam Aryo Seto dari ArtSound, musisi profesional seperti pebiola Michelle Siswanto dan harpis Rama Widi pun mengaku sebagai korban dari oknum tersebut. Musisi muda seperti Jessica Yohanes, Tyson Tirta juga mengaku sebagai korban. Pengurus orkestra Mahawaditra UI juga menyebut diri sebagai korban karena kewajiban yang seharusnya dibayarkan kepada orkes simfoni mahasiswa ini belum dibayarkan oleh oknum.

Kasusnya nampak telah terjadi menahun (menurut info dari video tersebut sudah hampir 2 tahun) dan baru kali ini seniman-seniman ini angkat bicara karena tampak tidak ada itikad baik dari penyelenggara orkestra ini meski mereka berusaha membuka komunikasi. Beberapa video testimoni ini di-mute dan beberapa disensor untuk menyamarkan pelaku dan afiliasi organisasi oknum yang dituduhkan.

Menurut informasi yang didapat MusicalProm, beberapa orang pendukung acara yang meminjamkan dana hingga ratusan juta untuk mendukung acara beberapa tahun yang lalu pun hingga kini belum dibayarkan tuntas dan menuduh penyelenggara tidak memiliki itikad baik untuk menyelesaikan masalah keuangan tersebut dan malahan kini telah berencana merencanakan program baru. Hingga kini menurut pengamatan penulis, setidaknya penyelenggara sudah menyelenggarakan 3 acara yang menyebabkan problem bertumpuk-tumpuk. Mosi ini dibuat oleh musisi-musisi yang menjadi korban untuk mencegah kejadian yang sama berulang terjadi pada kolega mereka yang lain.

Seluruh kabar dapat dipantau dengan hashtag #goddess_of_thieves dan #DAtruthandjustice. Hingga kini nampaknya tuduhan yang kini viral di kalangan musisi tidak menyebut sekalipun nama oknum penyelenggara yang dimaksud.

Iklan
About mikebm (1302 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: