Kabar Terkini

Jakarta City Philharmonic Pindah ke Teater Jakarta


Di edisi ke-9 konser bulan November ini, Jakarta City Philharmonic akhirnya memutuskan pindah ke Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki setelah delapan pertunjukan sebelumnya dilaksanakan di Gedung Kesenian Jakarta.

Pindahnya tempat pertunjukan merupakan langkah yang diambil komite musik dan komite eksekutif Jakarta City Philharmonic untuk menanggapi masalah kapasitas kursi Gedung Kesenian Jakarta.

Dengan kapasitas sekitar 440, selama hampir 3-4 pertunjukan terakhir (3 bulan terakhir) tiket Jakarta City Philharmonic ludes dalam hitungan jam sejak diumumkan secara online. Pertunjukan mereka selain ditawarkan secara gratis nampaknya selalu menarik bagi kalangan pecinta musik klasik maupun mereka yang penasaran dengan apa itu orkestra. Selain itu program yang ditawarkan pun juga selalu beragam dan unik. Banyak orang bahkan harus membentuk daftar tunggu, dengan jumlah hampir 300-400 orang di beberapa pertunjukan, di luar mereka yang akhirnya ikut menonton. Inilah bukti animo yang sangat kuat dari publik untuk pertunjukan mereka.

Karenanya solusi untuk memindahkan ruang pertunjukan ini diambil untuk menjembatani permintaan yang tinggi dari calon penonton. Karenanya Teater Jakarta dengan kapasitas 1200 orang ini dirasa mampu memberikan ruang yang cukup untuk orkestra yang digagas Dewan Kesenian Jakarta dan didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Dengan ini selain dengan akses yang murah, penonton yang dapat menyaksikan acara ini pun akan lebih banyak dan mampu menciptakan apresiasi yang lebih pula. Teater Jakarta juga dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Taman Ismail Marzuki di bawah Pemerintah Provinsi DKI sebagaimana juga Gedung Kesenian Jakarta yang bersejarah.

Pertanda bagus untuk berkembangnya iklim orkestra nasional kita dan upaya yang baik dari komite penyelenggara. Semoga antusiasme yang tinggi ini tidak hanya terdorong karena tiket pertunjukan yang gratis, tetapi karena memang apresiasi yang kuat sehingga dapat dikembangkan lebih lanjut.

Link pertunjukan edisi ke-9, bisa diakses di sini.

Iklan
About mikebm (1304 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

1 Comment on Jakarta City Philharmonic Pindah ke Teater Jakarta

  1. I have noticed you don’t monetize your website, don’t waste your traffic, you can earn additional cash every
    month because you’ve got hi quality content. If you want to know how to make extra $$$,
    search for: Boorfe’s tips best adsense alternative

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: