Kabar Terkini

Konser 80 Tahun Iravati Sudiarso


Pada tanggal 15 Oktober yang lalu, sekolah Yayasan Pendidikan Musik (YPM) di Bintaro mengadakan sebuah konser persembahan untuk memperingati 80 tahun Iravati M. Sudiarso, seorang pianis yang sudah kawakan dalam dunia seni dan pendidikan musik.  Konser persembahan ini digagas oleh Harimada Kusuma, seorang pianis yang di masa mudanya mendapat bimbingan dari Iravati sebelum ia melanjutkan studi musiknya di Belanda.

Harimada bercerita tentang almarhum Rudy Laban yang menitip sebuah pesan kepada Harimada sebelum ia berangkat ke Negeri Kincir Air: “Grootheid ligt in de eenvoud van iemand.” Pesan yang berarti “kebesaran terletak pada kesederhanaan seseorang” membuat Harimada berpikir–bahwa contoh terbaik dari pesan tersebut ada pada dua sosok yang ia kagumi: Rudy Laban dan Iravati Sudiarso.

Bagi Harimada, kesederhanaan, kesabaran, dan kedisiplinan adalah kumpulan kata-kata yang menggambarkan Iravati. Dedikasi yang ia berikan kepada para muridnya menjadikan Iravati sebagai sosok ibu bagi mereka–sebuah julukan yang mencerminkan suatu kedekatan yang susah dijelaskan dengan kata-kata.

Musisi-musisi yang tampil di atas panggung Ruang Konser Amir Pasaribu adalah para murid dan alumni kelas Iravati, dan mereka mempersembahkan rangkaian lagu yang bervariasi, dari aransemen lagu Indonesia seperti “Capung Kecimpung di Cikapundung” hingga repertoar klasik. Tidak hanya lagu piano yang disajikan, tetapi ada juga lagu untuk suling yang dibawakan oleh Marini Widyastari, dan kumpulan tembang puitik yang dibawakan oleh Aning Katamsi dan Binu Sukaman.

Iravati dikenal karena cintanya kepada musik romantik, terutama kepada musiknya Frédéric Chopin, komponis keturunan Polandia yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di Prancis. Iravati, dengan aura penuh kehangatan dan keanggunan yang istimewa, tampil di atas panggung membawakan karya Chopin berjudul Nocturne in D-flat major, Op. 27, No. 2.

Menurut salah satu murid Iravati, karya tersebut mempunyai makna yang dalam bagi Iravati. Tidak kenal usia, Iravati membawakan Nocturne ini dengan kematangan yang tidak bisa ditiru oleh pianis lain. Infleksi pada kalimat disiapkan dengan sungguh-sungguh, dan iringan tangan kiri yang molto legato (nada-nada diikat dengan mulus) mengingatkan penonton pada sebuah gondola yang mengapung dengan tenang.

Tidak hanya Iravati, pianis-pianis yang lain turut meramaikan konser ini dengan beberapa karya Chopin yang lainnya. Gita Bayuratri, yang sempat mendalami musik di St. Petersburg, Rusia, membawakan Berceuse, Op. 57. Mario Santoso, pianis yang kini aktif mengajar sebagai dosen piano dan teori musik di Universitas Pelita Harapan (UPH), ikut membawakan Barcarolle, Op. 60.

Levi Gunardi, pendiri sekolah musik Life on Piano dan pianis yang sudah mendunia, juga ikut memberikan persembahan musikal yang memukau dengan karya Ballade No. 2, Op. 38, juga oleh Chopin.

20171015_162434

Aisha dan anaknya bermain

Program ditutup dengan sebuah aransemen untuk piano berjudul “Kasih Ibu”, yang dibawakan oleh anaknya sendiri, Aisha Sudiarso. Aisha, yang juga seorang pianis handal, mempunyai nama besar di dunia seni. Ia sudah berkontribusi banyak pada pendidikan musik selaku Direktur Bidang Akademis YPM dan ia pernah menjabat sebagai anggota Dewan Kesenian Jakarta.

Lagu “Kasih Ibu” adalah sebuah ucapan terima kasih kepada Iravati bukan hanya dari Aisha sendiri, tetapi juga dari murid-murid Iravati yang sudah menganggapnya sebagai ibu mereka sendiri. Aisha juga tidak tampil sendiri memainkan lagu tersebut–kedua anak Aisha berjalan menuju ke panggung dan mengiringi ibu mereka dengan memainkan melodi “Kasih Ibu”. Air mata pun terlihat berlinang di banyak mata penonton.

Sungguh mengharukan konser persembahan ini, dan semoga rasa kebersamaan yang tampak sungguh nyata di panggung ini bisa terus dibangun dan dijaga.

Iklan
About Hazim Suhadi (15 Articles)
I'm a classical pianist, but in my spare time I'd like to do things that musicians don't normally do, like rock climbing in the highlands of Dieng or eating at kaki-lima by the dusty streets saturated with commuters. I enjoy a drink or two with good company. So hit me up!

1 Comment on Konser 80 Tahun Iravati Sudiarso

  1. Iravati M. Sudiarso adalah seorang pianis agung dengan dedikasi, kecintaan, ketulusan, kesungguhan, artistry, dan kepiawaian yang tak terbandingkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: