Kabar Terkini

Sejarawan Musik Edmund-Prier Dibacok Saat Pimpin Ibadah


Penyerangan Gereja Santa Lidwina di Bedog, Sleman, Yogyakarta oleh seorang bersenjata parang yang merangsek masuk ke dalam ibadah gereja pagi ini menyebabkan luka-luka sejumlah jemaat di gereja tersebut lewat serangan yang membabi buta.

Salah satu korban penyerangan yang dilarikan ke rumah sakit adalah Rm. Karl-Edmund Prier yang adalah seorang rohaniwan dan juga peneliti, penulis dan ilmuwan musik yang saat itu sedang memimpin ibadah misa Minggu. Edmund-Prier tersabet parang di kepala dengan kedalaman luka 2 cm sepanjang 10 cm. Saat ini kondisinya stabil dan sedang mendapatkan perawatan luka-lukanya.

Pelaku sempat merusak gereja dan properti gereja seperti patung-patung dan altar. Warga gereja yang sempat melarikan diri memanggil polisi dari pos terdekat dan polisi setempat datang ke tempat dan hendak bernegosiasi dengan pelaku. Pelaku menolak untuk menyerah yang menyebabkan polisi mengambil tindakan dengan menembak pelaku di tempat. Pelaku hingga saat ini belum dikenali dan masih hidup.

Karl Edmund-Prier, SJ adalah rohaniwan kelahiran Jerman berusia 80 tahun yang telah tinggal 50-an tahun di Indonesia. Ia adalah penggiat Pusat Musik Liturgi di Yogyakarta dan menerbitkan beragam buku musik, mulai dari buku musik ibadah Madah Bakti hingga beragam buku petunjuk praktik berpaduan suara dan dirigen juga musik ibadah yang mengandung kekayaan musik akulturasi budaya Indonesia. Musim ini ditulis dengan kekhasan musik Indonesia agar musik semakin dekat dengan budaya umatnya. Ia juga adalah penulis buku Sejarah Musik berbahasa Indonesia yang digunakan secara luas di beragam institusi.

Iklan
About mikebm (1334 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

2 Comments on Sejarawan Musik Edmund-Prier Dibacok Saat Pimpin Ibadah

  1. mikebm, thanks! And thanks for sharing your great posts every week!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: