Kabar Terkini

Dosen Biola Andalan UPH Tomislav Dimov Berpulang


Siang ini, Dr. Tomislav Dimov, dosen tetap biola Universitas Pelita Harapan Conservatory of Music berpulang. Tidak diperkirakan sebelumnya bahwa tindakan atas infeksi saluran kemih akan menyebabkan kepulangannya yang mendadak hari ini. Setelah menjalani perawatan dan tindakan atas infeksi saluran kemih yang dideritanya, Dr. Dimov mengalami komplikasi hingga berpulang tiba-tiba hari Sabtu tanggal 17 Maret 2018 ini.

Tomislav Dimov telah menjadi salah satu dosen kebanggaan Conservatory of Music UPH dengan dedikasinya yang luar biasa dalam mengajar. Ia juga menjabat sebagai koordinator studi instrumen gesek di konservatori ini dan telah mengajar sejak 10 tahun terahir di Indonesia dan mengembangkan departemen instrumen gesek di konservatori ini dan melahirkan cukup banyak generasi pebiola muda di konservatori musik ini. Beliau juga memprakarsai berdirinya Universitas Pelita Harapan Symphony Orchestra dan pernah menjadi direktur musik sekaligus koordinator dari mata kuliah orkestra di universitas ini.

Tomislav Dimov mulai mengajar di Universitas Pelita Harapan seusai menyelesaikan studi doktoralnya di West Virginia University, AS dengan predikat summa cum laude setelah sebelumnya lulus dari Gnesin Conservatory of Moscow, Rusia. Sebelumnya ia juga telah mengajar biola dan biola alto di St. Vincent College dari tahun 1998-2009.

Sebagai seorang pendidik, Dimov dikenal sebagai pribadi yang berkomitmen tinggi dan serius dalam mendidik siswa-siswanya. Sosoknya yang temperamental membuat banyak dari anak didiknya serius menekuni musik dan terlebih belajar dari tanggung jawab dan hatinya yang luar biasa dekat dengan musik dan keindahannya yang murni. Ia juga dikenal sebagai sosok pengajar yang aktif memberi lokakarya dan meneliti. Dr. Dimov dinekal sebagai sosok dengan wawasan luas dan juga memiliki kedalaman spiritual maupun filosofi dalam bermusik yang ia tularkan di dalam kelas kepada siswa-siswinya. Ariya Wibisono, Dave Nathanael, Kezia Amelia, Lidya Evania Lukito adalah beberapa violinis handal yang lahir lewat tangannya. Di kelasnya ia dikenal dengan sebutan sayang ‘Babeh’ dari murid-muridnya.

Jenazahnya kini disemayamkan di Rumah Duka Oasis.

Iklan
About mikebm (1336 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

5 Comments on Dosen Biola Andalan UPH Tomislav Dimov Berpulang

  1. Pak,,,jenazah sampai kapan disemayamkan? Terima kasih

  2. Akan disemayamkan hingga Senin. Selasa akan dikremasi…

  3. Terima kasih banyak Pak infonya 🙏

  4. Di oasis mana ya?
    Rest In Peace.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: