Kabar Terkini

Indonesia Music Education Conference Pertama Hadir


Musik tidak pernah terlepas dari dunia pendidikan. Karenanya bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei, sebuah acara pendidikan musik yakni Indonesia Music Education Conference 2018 yang pertama diadakan tanggal 2-3 Mei di Jakarta Creative Hub. Konferensi ini diharapkan dapat merangkul edukator musik, guru, siswa, mahasiswa, komponis, pekerja seni bidang musik dan beragam penikmat musik tanpa sekat instrumen dan genre di seluruh Indonesia dan internasional.

Musicmind selaku penyelenggara melihat perlunya sebuah kesempatan diskusi khusus yang mampu menghadirkan pembahasan mendalam mengenai situasi pendidikan musik di Indonesia. Hal ini menjadi refleksi khusus setelah diadakannya Indonesia Orchestra & Ensemble Festival yang mengangkat konsep pertunjukan ensembel dan seminar musik, yang juga digagas oleh Musicmind. Konferensi ini diselenggarakan atas dukungan dan perhatian yang begitu besar dari sederet edukator terkemuka Indonesia dan narasumber dari luar Indonesia yang begitu peduli akan kemajuan pendidikan musik di tanah air.

Semakin berkembangnya minat masyarakat akan perlunya edukasi musik dan semakin meningkatnya tuntutan kualitas pengajaran mendorong para edukator untuk terus meningkatkan kualitas diri masing-masing dan peka terhadap berbagai pendekatan mengajar, ide, buku, aplikasi, serta teknologi yang terus berkembang. Hanya dengan memiliki kemauan untuk terus mengembangkan diri, seorang pendidik dapat terus memberikan yang terbaik bagi siswa dan memaksimalkan proses belajar mengajar dari siswanya. Di sisi lain, sudah saatnya pula bagi para pelajar dan orang tua untuk mendapat kesempatan untuk bertemu, membangun diskusi dan mengembangkan diskursus sembari memperkaya wawasan dan ilmu yang banyak tersebar di dunia maya.

Indonesia Music Education Conference akan menghadirkan Glenn Riddle – salah satu pedagog Australia terkemuka, Leslie Tan – pemain cello dari T’ang Quartet, spesialis musik kamar, dan pengajar senior dari Yong Siew Toh Conservatory of Music Singapore, Ying Ying Ng – penulis buku pendidikan musik yang begitu banyak digunakan di Indonesia, Latifah Kodijat-Marzoeki – pedagog legendaris Indonesia, Iswargia Renardi Sudarno – pedagog senior yang telah melahirkan begitu banyak pianis generasi baru yang berkualitas, Therese Wirakesuma – ketua Suzuki Music Association of Indonesia, Indra Aziz dan Sylvia Wiryadi – pelatih dan guru vokal senior, Michael Budiman Mulyadi –  pengaba OSUI Mahawaditra & UPH Symphony Orchestra yang juga merupakan asesor nasional dari Badan Ekonomi Kreatif RI, Ferdinand Suganda – luthier dan pengajar biola senior, Saphira Hertha – terapis musik, ketua dari Ikatan Terapi Musik Indonesia dan Music Therapy Centre Indonesia, Elaine Ding Waworuntu – edukator musik asal Singapura dengan spesialisasi di metode Kodaly, Dalcroze, Orff, Suzuki dan Kindermusik, Michelle Kartika Bahari, Nathania Mihardjo, Christina Mandasari, dan Vanessa Tunggal – pianis dan pedagog generasi muda Indonesia.

Konferensi ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan sistem edukasi musik terkini, membuka cakrawala baru akan praktik pendidikan musik yang saat ini telah dijalani, sekaligus membuka kemungkinan dan perkembangan di masa mendatang. Dalam pernyataan persnya, Musicmind menantang setiap pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan musik untuk terlibat dan mengikuti gerakan yang dapat menciptakan dampak positif demi kemajuan bangsa Indonesia di kemudian hari. Sebuah tantangan yang menarik untuk dijawab bersama seluruh peserta konferensi tersebut.

Iklan
About mikebm (1334 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: