Kabar Terkini

Resonanz Meraih Juara Eropa


The Resonanz Children Choir pagi dini hari waktu Indonesia mengharumkan nama bangsa dengan memenangkan gelar kompetisi European Grand Prix untuk paduan suara. Di bawah pimpinan direktur artistik Avip Priatna, paduan suara ini meraih prestasi maksimal dalam kancah salah satu kompetisi paduan suara paling bergengsi di dunia yang tahun ini diadakan di Maribor, Slovenia.

The Resonanz Children Choir (TRCC) menuntaskan perjalanan panjang mereka meraih serangkaian prestasi sejak tahun 2012 dengan memenangkan kompetisi di Bali hingga terus melenggang sebagai pemenang di berbagai kompetisi di tiga benua (Hongkong, Amerika Serikat, Italia, Hungaria dan Spanyol) hingga akhirnya menjadi jawara di kancah ultimat Eropa.

Keberangkatan mereka kali ini tidak terlalu hingar-bingar, namun nampaknya sungguh dipersiapkan pasti sehingga akhirnya berbuah kemenangan tertinggi. Kemenangan kali ini tentunya adalah kebanggaan bagi Avip Priatna yang tahun sebelumnya mengantarkan divisi dewasa Batavia Madrigal Singers sebagai finalis ajang yang sama, namun belum berhasil memenangkan kompetisi ini.

Namun di tahun ini, Kak Avip, begitu ia biasa disebut, berhasil mengukuhkan TRCC sebagai paduan suara paling berkualitas di Eropa tahun ini. TRCC yang beranggotakan anak-anak dan remaja ini disaring dan digarap sedemikian rupa dan banyak orang berdecak kagum dengan stamina, komitmen dan upaya yang mereka lakukan untuk mengejar sebuah kualitas. Terdiri dari beberapa divisi kelompok umur, tim TRCC yang turun kali ini adalah kelompok senior yang telah makan asam garam kompetisi selama beberapa tahun sebelumnya dan telah menjadi anggota kelompok pemenang kompetisi selama bertahun-tahun ini.

Ajang European Grand Prix (EGP) for Choral Singing adalah sebuah acara tahunan yang diselenggarakan berpindah-pindah. Kompetisi untuk paduan suara ini adalah kompetisi tertinggi di antara kompetisi berbagai paduan suara amatir di Eropa karena merupakan puncak dari beberapa kompetisi paling bergengsi dan tertua di Eropa. Peserta dari EGP adalah pemenang dari lima kompetisi bergengsi itu di tahun sebelumnya yang masing-masing telah menyingkirkan puluhan paduan suara lain dalam ajang kompetisi tahun lalu. TRCC sendiri memenangkan kompetisi di Tolosa tahun lalu untuk mendapatkan tiket di EGP tahun ini. Tahun ini EGP diikuti oleh:

  • Allmänna Sången (Uppsala, Sweden)
    Conductor Maria Goundorina
    Winner of International Choir Competition Gallus – Maribor 2017
  • Coro Musicanova (Roma, Italy)
    Conductor Fabrizio Barchi
    Winner of Tours Vocal Competition 2017
  • The Stockholms Musikgymnasium Chamber Choir (Stockholm, Sweden)
    Conductor Helene Stureborg
    Winner of International May Choir Competition 2017
  • Beijing Philharmonic Choir (Beijing, China)
    Conductor Yang Li
    Winner of International Guido d’Arezzo Polyphonic Contest 2017
  • The Resonanz Children’s Choir (Jakarta, Indonesia)
    Conductor Avip Priatna
    Winner of Tolosa Choral Competition 2017

Selamat The Resonanz Children Choir, Avip Priatna dan seluruh tim yang mendukung kelompok anak-anak berbakat ini.

Berikut sedikit video dari penampilan mereka:

 

Iklan
About mikebm (1337 Articles)
An arts journalist, a conductor, an educator, a young arts manager whose passion drove him to leave a multinational IT cooperation to study Arts Administration and Cultural Policy in London and went back to Indonesia to build the scene there.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: